Posts

Featured Post

7 Ibadah Wanita Haid di Bulan Ramadan

Image
Bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Nggak heran kalau selain puasa dan ibadah wajib lainnya, orang-orang pada pasang target menjalankan ibadah tertentu. Misal, harus tarawih full gak boleh absen, harus khatam Al Quran minimal 17x, atau harus traktir teman buka puasa 7 kali seminggu.
Gak masalah. Sah-sah saja. Karena Allah melipatgandakan amal ibadah selama bulan Ramadan. Bahkan Allah janji akan mengampuni semua dosa bagi mereka yang bersungguh-sungguh ibadah. Sehingga menjadi orang yang bersih dari dosa seperti bayi yang baru lahir ke dunia.
Tapi bagi para wanita yang setiap bulan menstruasi, ibadahnya bisa terkendala. Misalnya nih, lagi semangat-semangatnya tadarus, eh ternyata dapet mens. Kemudian karena mens-nya lama sampai 10 hari lebih, target khatam Al Quran jadi kendor. Atau merasa sedih karena beranggapan nggak bisa total dalam beribadah, malah punya utang puasa. Ada nggak yang kayak begitu? Ada kan pastinya.
Nah, trus gimana? Sup…

Ketika Nasihat Jadi Barang Langka

Image
meski hidup bebas dengan mengambil segala keputusan sendiri, bukan berarti tak butuh wejangan atau nasihat. ada kalanya wejangan itu seperti es sari tebu saat dahaga.


wejangan. atau nasihat. sepertinya hal yang biasa. lumrah. cuma omongan biasa. sering denger dari ortu, guru, atau sodara yang dituakan. bisa juga dari suami kalau sudah punya.

tapi ternyata wejangan atau nasihat itu bisa jadi something special yang tidak sesederhana yang ku pikirkan.

beberapa hari lalu aku dapat wejangan dari seseorang. ajaibnya sampai sekarang masih terngiang-ngiang.

kenapa?

mungkin ini sebabnya. setelah ku pikir2, baru nyadar ternyata selama beberapa tahun terakhir, wejangan atau nasihat jadi barang yang langka buat aku. langkaaa banget. istilah jawanya aku nggak pernah dituturi.

dan ketika dapet nasihat itu, bisa membekas dan memorable buat aku. kayak tenggorokan yang udah kering karena lama berpuasa, kemudian dapet siraman sari tebu asli pake es batu. nyes!

mungkin sering ya curhat sama temen, trus…

Melewati Masa Lajang dengan Bahagia

Image
Status single atau jomblo kerap disangka kesepian dan sering dibully. Kamu panik? 


Usia sudah memasuki dewasa muda, tapi tanda-tanda kehadiran pasangan hidup belum juga kelihatan. Adik-adik kelas dan teman seangkatan sudah banyak yang nambah status menjadi ibu. 'Tapi, kok, aku masih sendiri, ya?' Begitu kira-kira waktu ngomong sendiri di depan cermin. 
Nasihat-nasihat seputar pernikahan dan memilih pasangan hidup pun mulai berdatangan. Dari yang sekadar basa-basi menanyakan perihal calon, sampai yang terang-terangan mau mengenalkan dengan seseorang. 
Bingung, sedih, mungkin sempat dirasakan ketika menghadapi situasi itu. Apalagi banyak orang yang akhirnya tahu kalau kamu masih sendiri dan sedang mencari pasangan hidup. Beberapa orang mulai berusaha untuk mendekati, tapi entah kenapa hati kamu belum juga tergerak untuk menerima. 
Di lain sisi, ruang gerak untuk berteman dengan lawan jenis pun terbatasi. Misalnya, seorang pria berinisial Z, memiliki kepribadian baik dan asik diajak …

Masjid Sultan Suriansyah, Saksi Bisu Dakwah Islam di Banjarmasin

Image
Kota Banjarmasin agaknya boleh berbangga diri karena memiliki sebuah situs bersejarah berupa bangunan masjid. Tempat ibadah yang dibangun pada 1526 itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan terutama yang gemar berwisata religi dan menekuni cerita bersejarah. Masjid itu memiliki nama resmi Masjid Sultan Suriansyah dan berlokasi di dekat Sungai Kuin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Masyarakat setempat ada yang menyebutnya Masjid Kuin. Masjid yang berusia hampir 5 abad itu merupakan saksi bisu penyebaran agama Islam di tanah Banjar, yang kini 98% penduduknya memeluk agama Islam. Dari segi arsitektur bangunan, masjid ini memiliki corak perpaduan budaya khas tradisional Banjar dan Demak. Yakni, berupa rumah panggung berbahan dasar kayu ulin dan beratap tumpang tiga dengan hiasan mustaka pada bagian atapnya. Atap tumpang tiga ini sangat mirip dengan Masjid Agung Demak yang lebih dulu dibangun pada 1474. Pada bagian interior masjid terdapat mimbar dari kayu ulin yang memiliki lengkung…

Cara Nonton Video di Youtube dengan Subtitle

Image
Bagaimana cara nonton video di Youtube dengan subtitle? 



Nonton video di Youtube tidak hanya untuk mencari hiburan di waktu luang. Banyak konten bermuatan edukasi yang bisa jadi sarana belajar. Tapi bagaimana jika video itu berbahasa asing? 
Pakai subtitle tentunya. Youtube sudah menyediakan fitur subtitle dengan berbagai bahasa termasuk Bahasa Indonesia. Cara mengaktifkannya mudah banget. 
Seperti ini langkah-langkahnya: 
1. Masuk ke Youtube, pilih video yang akan ditonton. Pada sudut kanan atas, ada titik tiga, klik bagian itu.  



2. Kemudian muncul tampilan di bawah ini. Pilih CC.


3. Lalu pilih bahasa.  


Selesai. Mudah banget kan caranya. 
Sekadar informasi.  Belum semua video berbahasa asing sudah tersedia subtitle dalam bahasa Indonesia. Meskipun begitu, menggunakan subtitle bahasa Inggris mungkin bisa lebih membantu bagi yang kemampuan listeningnya belum cukup menangkap. 











Simpan Lagu dari Smule ke Galeri Musik Cukup Satu Aplikasi

Image
Bagaimana menyimpan rekaman lagu di Smule ke galeri mp3 handphone? Mungkin pengguna aplikasi karaoke ini banyak yang nanya begitu. Nah, ini ada caranya yang sangat mudah. 

Cara menyimpan rekaman lagu dari smule ke galeri musik di gadget pernah aku tulis satu tahun lalu. Rupanya cukup banyak yang mencari informasi ini. Terlihat dari jumlah viewer organik yang semakin bertambah setiap harinya. Sekarang artikel yang berjudul Cara Download Lagu di Smule dan Menyimpannya dalam File MP3sudah mencapai 84.800 pembaca.
Padahal di artikel itu, aku masih pakai cara lama. Dan kini sudah ada cara baru yang lebih praktis. Makanya aku bikin lagi artikel yang ini. Hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja, rekaman lagu di smule bisa tersimpan di galeri musik dalam format mp3. 
Aplikasi yang biasa aku gunakan adalah Sing Downloader for Smule dari Lv Studio. Tampilannya seperti gambar di bawah ini dan bisa didownload secara gratis di Playstore buat yang pakai Android. 
Caranya cukup mudah, tinggal ikuti …